Gugus Penjaminan Mutu Program Studi

pengelolaan mutu dilakukan secara internal oleh Tim Pengendalian Mutu Akademik (TPMA) dengan ruang lingkup tugas monitoring: silabus atau perangkat pembelajaran, hasil belajar mahasiswa, proses pembelajaran, dan tugas akhir  mahasiswa. Adapun pelaksanaan penjaminan mutu akademik di PS PGSD  dilakukan sesuai dengan tahapan berikut : standar mutu – pelaksanaan – monitoring – Evaluasi – Audit internal dan rumusan korelasi – peningkatan mutu/

Sementara itu untuk kepentingan pemantuan, program studi membentuk Panitia Penjaminan Mutu dengan dipimpin oleh Ketua Program Studi, dengan pelaksananya  Sekretaris Program Studi, sedangkan anggotanya adalah semua Pembimbing Akademik. Ini dimaksudkan untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan penjaminan mutu serta dapat dilakukan respon yang cepat apabila terjadi sesuatu yang tidak sejalan dengan standar/kebijakan yang telah ditentukan.

Upaya-upaya yang dilakukan untuk pengelolaan mutu penyelenggaraan Program Studi yang telah dan akan terus dilakukan didasarkan pada kebijakan mutu dengan mengacu pada Visi, kebijakan mutu bidang Pengajaran/akademik dapat dikemukakan sebagai berikut :

  • Pengkajian/peninjauan kurikulum khususnya dalam aspek konten setiap semester, Ini dimaksudkan untuk melihat dan mensejalankan isi kurikulum dengan perkembangan ilmu yang terus berlangsung.
  • Monitoring pelaksanaan Proses pembelajaran, dari mulai tahap perencanaan sampai dengan evaluasi.
  • Melakukan penjajakan mengenai pendapat dan usul dari mahasiswa dan dosen berkaitan dengan pelayanan pembelajaran baik secara lisan maupun tertulis.
  • Menggali pendapat dan usul dari pengguna khususnya lembaga-lembaga pendidikan.